Oleh : Ustadz Abu Ghozie As Sundawie
وَفِيْهِ أَحَادِيْثُ صِحَاحٌ مِنْهَا حَدِيْثُ أَبِيْ أَيُّوْبِ الْأَنْصَارِيّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Pada masalah ini ada beberapa hadits shahih, di antaranya hadits Abu Ayyub Al-Anshari dia mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
«إِذَا أَتَى أَحَدُكُمُ الغَائِطَ، فَلَا يَسْتَقْبِلِ القِبْلَةَ وَلَا يُوَلِّهَا ظَهْرَهُ، شَرِّقُوا أَوْ غَرِّبُوا»
“Apabila salah seorang dari kalian buang air besar, maka janganlah menghadap kiblat dan jangan membelakanginya, tetapi menghadaplah ke timur atau ke barat.”
وَلَفْظُ مُسْلِمٍ وَغَيْرِهِ : «فَلَا تَسْتَقْبِلُوا الْقِبْلَةَ، وَلَا تَسْتَدْبِرُوهَا بِبَوْلٍ وَلَا غَائِطٍ، وَلَكِنْ شَرِّقُوا أَوْ غَرِّبُوا» ([ . رواه البخاري(144) واللفظ له، ومسلم(264)، وأحمد(23003)، وأبو داود(9)، والنسائي(21)، وابن ماجه(318)]) .
Dan lafazh yang diriwayatkan Muslim dan lainnya : “Janganlah menghadap kiblat dan jangan pula membelakangnya ketika kencing atau buang air besar, tetapi menghadaplah ke timur atau ke barat.”
وَمِنْهَا حَدِيْثُ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا فَعَنْ وَاسِعِ بْنِ حِبَّانٍ قَالَ : عَنْ عَبْدِ الله بْنِ عُمَرَ، أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ :
Di antaranya juga hadits Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, dari Wasi’ bin Hibban, dari Abdullah bin Umar bahwasanya ia berkata :
إِنَّ نَاسًا يَقُولُونَ إِذَا قَعَدْتَ عَلَى حَاجَتِكَ فَلَا تَسْتَقْبِلْ الْقِبْلَةَ وَلَا بَيْتَ الْمَقْدِسِ
bahwasanya orang-orang berkata, “Jika kamu duduk buang hajat, maka janganlah menghadap kiblat dan jangan pula menghadap Baitul Maqdis.
فَقَالَ عَبْدُ الله بْنُ عُمَرَ: لَقَدْ ارْتَقَيْتُ يَوْمًا عَلَى ظَهْرِ بَيْتٍ لَنَا فَرَأَيْتُ رَسُولَ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى لَبِنَتَيْنِ مُسْتَقْبِلًا بَيْتَ الْمَقْدِسِ لِحَاجَتِهِ … الحديث) ([ . رواه البخاري(145) واللفظ له، ومسلم(266)، وأحمد(4592)، والنسائي(23)، وأبو داود(12)، وابن ماجه(322)، ومالك(455)، الدارمي(667)]) .
Maka, Abdullah bin Umar berkata, “Aku naik ke atap rumah kami dan aku melihat Rasulullah buang hajat di atas dua batu menghadap Baitul Maqdis (membelakangi kiblat).
وَمِنْهَا حَدِيْثُ سَلْمَانَ قَالَ : قِيلَ لَهُ : قَدْ عَلَّمَكُمْ نَبِيُّكُمْ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلَّ شَيْءٍ حَتَّى الْخِرَاءَةَ قَالَ: فَقَالَ: أَجَلْ «لَقَدْ نَهَانَا أَنْ نَسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةَ لِغَائِطٍ، أَوْ بَوْلٍ،
Diantaranya juga hadits Salman, bahwa ditanyakan kepadanya, “Nabi kalian telah mengajarkan kalian segala macam, hingga bagaimana cara buang air besar dan kecil?” Salman menjawab, “Ya, benar. Beliau melarang kami menghadap kiblat ketika buang air besar atau kecil.”
أَوْ أَنْ نَسْتَنْجِيَ بِالْيَمِينِ، أَوْ أَنْ نَسْتَنْجِيَ بِأَقَلَّ مِنْ ثَلَاثَةِ أَحْجَارٍ، أَوْ أَنْ نَسْتَنْجِيَ بِرَجِيعٍ أَوْ بِعَظْمٍ» ([ . تقدم تخريجه .]) .
Atau beliau melarang cebok (istinja’) dengan tangan kanan atau melarang cebok kurang dari 3 batu atau melarang cebok dengan kotoran binatang atau tulang
وَمِنْهَا حَدِيْثُ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ : «نَهَى نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةَ بِبَوْلٍ، فَرَأَيْتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْبَضَ بِعَامٍ يَسْتَقْبِلُهَا» ([ . رواه الترمذي(9) وقال: حسن غريب، وأبو داود(13) وحسنه الألباني، وأحمد(14458)، وابن ماجه(325)]) .
Diantaranya adalah hadits Jabir bin Abdillah “Nabi melarang kami menghadap kiblat ketika buang air kecil, dan aku melihatnya satu tahun sebelum beliau wafat beliau menghadap kiblat ketika buang hajatnya.”
وَعَنْ مَرْوَانَ الْأَصْفَرِ قَالَ : رَأَيْتُ ابْنَ عُمَرَ أَنَاخَ رَاحِلَتَهُ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ، ثُمَّ جَلَسَ يَبُولُ إِلَيْهَ، فَقُلْتُ : يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ، أَلَيْسَ قَدْ نُهِيَ عَنْ هَذَا؟
Dan dari Marwan Al-Ashfar, dia berkata, “Aku melihat Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, mendudukkan kendaraannya ke arah kiblat kemudian ia buang air kecil menghadapnya. Lalu aku bertanya, “Wahai Abu Abdirrahman, bukankah ini dilarang?
قَالَ : بَلَى إِنَّمَا «نُهِيَ عَنْ ذَلِكَ فِي الْفَضَاءِ، فَإِذَا كَانَ بَيْنَكَ وَبَيْنَ الْقِبْلَةِ شَيْءٌ يَسْتُرُكَ فَلَا بَأْسَ» ([ . رواه أبو داود(11)]) .
Ia menjawab, “Benar, tetapi ini dilarang ketika di tanah lapang, jika antara kamu dan kiblat ada sesuatu yang menutup kamu, maka tidak apa-apa.”
فَالْأَحَادِيْثُ السَّابِقَةُ ظَاهِرُهَا التَّعَارُضُ وَلِأَجْلِ ذَا اخْتِلَفِ أَهْلِ الْعِلْمِ فِيْ حُكْمِ اسْتِقْبَالِ الْقِبْلَةِ وَاسْتِدْبَارِهَا عِنْدَ قَضَاءِ الْحَاجَةِ فِيْ الْبُنْيَانِ وَغَيْرِ الْبُنْيَانِ.
Hadits-hadits di atas secara tekstual saling bertolak belakang. Oleh karena itulah, para ulama berbeda pendapat tentang hukum menghadap kiblat dan membelakanginya ketika buang hajat, baik di dalam gedung atau bukan.
فَحَدِيْثُ أَبِيْ أَيُّوْبِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يُفِيْدُ النَّهْيَ عَنِ اسْتِقْبَالِ الْقِبْلَةِ وَاسْتِدْبَارِهَا مُطْلَقاً سَوَاءٌ فِيْ الصَّحْرَاءِ أَوِ الْبُنْيَانِ
Hadits Abu Ayyub memberikan kesimpulan bahwa larangan menghadap kiblat dan membelakanginya itu secara mutlak, sama saja apakah di dalam gedung atau di tanah lapang yang tidak ada apa-apa.
وَحَدِيْثُ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا فِيْ رَقِيْهِ عَلَى ظَهْرِ بَيْتِ حَفْصَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا يُفِيْدُ جَوَازَ اسْتِدْبَارِ الْقِبْلَةِ دُوْنَ اسْتِقْبَالِهَا فِيْ الْبُنْيَانِ
Sedangkan hadits Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, yang di sana dikatakan bahwa dia naik ke atap rumah Hafshah radhiyallahu ‘anha memberikan gambaran bolehnya membelakangi kiblat atau tidak menghadapnya di dalam gedung
أَوْ مَا يَقُوْمُ مَقَامَهُ كَوَضْعِ ابْنِ عُمَرَ رَاحِلَتَهُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْقِبْلَةِ عِنْدَ قَضَائِهِ حَاجَتِهِ
atau yang semisal dengan gedung. Seperti Ibnu Umar meletakkan kendaraannya antara dia dan kiblat ketika dia buang hajat.
وَحَدِيْثُ سَلْمَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فِيْهِ النَّهْيُ عَنِ اسْتِقْبَالِ الْقِبْلَةِ مُطْلَقًا فِيْ الْبُنْيَانِ وَغَيْرِهِ
Dan hadits Salman padanya melarang dari menghadap kiblat secara mutlak di dalam gedung dan lain-lain.
وَحَدِيْثُ جَابِرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فِيْهِ أَنَّ آخَرَ أَمْرِ الرَّسُوْلِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هُوَ جَوَازُ اسْتِقْبَالِ الْقِبْلَةِ.
Dan hadits Jabir di sana disebutkan bahwa akhir dari apa yang dilakukan Rasulullah adalah bolehnya menghadap kiblat ketika buang hajat.
وَمَذَاهِبُ أَهْلِ الْعِلْمِ فِيْ هَذَا كَثِيْرَةٌ تَبَعاً لِظَوَاهِرِ النُّصُوْصِ الْمُتَعَارِضَةِ وَلَكِنِ الْجَمْعُ بَيْنَهَا مُمْكِنُ
Pendapat para ulama mengenai hal ini banyak sekali, sesuai dengan tekstual nash yang saling bertolak belakang, tetapi menyatukannya itu sangat mungkin.
قَالَ النَّوَوِيُّ : وَلَا خِلَافَ بَيْنَ الْعُلَمَاءِ أَنَّهُ إِذَا أَمْكَنَ الْجَمْعُ بَيْنَ الْأَحَادِيثِ لَا يُصَارُ إِلَى تَرْكِ بَعْضِهَا بَلْ يَجِبُ الْجَمْعُ بَيْنَهَا وَالْعَمَلُ بِجَمِيعِهَا ([ . شرح مسلم . المجلد الثاني (3/126)]) .
Imam An-Nawawi berkata, “Tidak ada perbedaan antar para ulama, bahwasanya jika memungkinkan untuk menyatukan hadits-hadits niscaya kita akan mengamalkan semua hadits ini, bahkan wajib menyatukan hadits-hadits ini dan mengamalkan semuanya.”
وَالْمُخْتَارُ عِنْدَنَا هُوَ تَحْرِيْمُ قَضَاءِ الْحَاجَةِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَوْ مُسْتَدْبِرَهَا فِيْ الْخَلَاءِ
Dan yang menjadi pilihan kami adalah haram menghadap kiblat atau membelakanginya ketika buang hajat di tanah lapang.
وَجَوَازُ ذَلِكَ فِيْ الْبُنْيَانِ أَوْ بِوُجُوْدِ سَاتِرٍ بَيْنَ الْمُتَخَلِّي وَبَيْنَ الْقِبْلَةِ اسْتِقْبَالاً أَوِ اسْتِدْبَاراً وَإِلَى هَذَا ذَهَبَتِ اللَّجْنَةُ الدَّائِمَةُ ([ . انظر الفتوى رقم (4480) (5/97-99)]) .
Dan dibolehkan di dalam gedung. Atau ada penghalang antara orang yang sedang buang hajat dan kiblat, baik menghadap atau membelakangi. Dan inilah yang dikatakan oleh Al-Lajnah Ad-Daimah.