Oleh : Ustadz Abu Ghozie As Sundawie
مَوَاضِعُ قَضَاءِ الْحَاجَةِ مَحَلٌّ لِلْنَّجَاسَاتِ وَالْقَذَرِ وَالشَّيَاطِيْنُ مَعْرُوْفَةٌ بِمُلَابَسَتِهَا لِلنَّجَاسَاتِ وَمُحَبَتِهَا لِذَلِكَ وَلِذَا فَهِيَ تَأْوَي إِلَى الْكُنُفِ وَالْحُشُوْشِ (مَكَانِ قَضَاءِ الْحَاجَةِ)
Tempat buang hajat adalah tempat kotoran dan najis, dan syetan identik dengan kotoran yang najis dan menyukai kotoran. Oleh karena itu, syathan selalu tinggal di tempat buang hajat.
فَعَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمٍ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِنَّ هَذِهِ الْحُشُوشَ مُحْتَضَرَةٌ..الْحَدِيْثَ ([ .رواه أبو داود (6) وصححه الألباني، وأحمد (18800)، وابن ماجه (296)]) .
Dari Zaid bin Arqam, dari Rasulullah beliau bersabda, “Sesungguhnya tempat buang hajat ini didiami (oleh syetan). ”
وَالشَّيْطَانُ عَدُوٌّ لِلْإِنْسَانِ لَا يَنْفَكُ عَنْ عَدَاوَتِهِ وَإِيْذَاءِهِ وَيَجِدُ بغيته فِيْ الْحُشُوْشِ وَالْكَنَفِ
Syetan adalah musuh manusia, dia tidak akan lengah untuk selalu menyakiti dan memusuhi manusia, dan dia menemukan kelengahan manusia di dalam tempat buang hajat.
وَلِهَذَا جَاءَ الشَّرْعُ بِمَا يَحْفَظُ لِلْإِنْسَانِ بَدَنَهُ وَعَقْلَهُ فَشَرَعَ لَهُ أَذْكَاراً تَحْفَظُهُ بِأَمْرِ اللهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى. فَيُقَدِّمُ الدَّاخِلُ إِلَى الْخَلَاءِ رِجْلَهُ الْيُسْرَى
Oleh karena itu, syari’at datang dengan membawa apa yang dapat menjaga badan dan akal manusia, disyariatkan baginya dzikir-dzikir yang akan menjaganya dengan perintah Allah subhanahu wa Ta’ala. Maka orang yang hendak masuk WC mendahulukan kaki kirinya,
قال شيخ الإسلام : وَقَدْ اسْتَقَرَّتْ قَوَاعِدُ الشَّرِيعَةِ عَلَى أَنَّ الْأَفْعَالَ الَّتِي تَشْتَرِكُ فِيهَا الْيُمْنَى وَالْيُسْرَى: تُقَدَّمُ فِيهَا الْيُمْنَى إذَا كَانَتْ مِنْ بَابِ الْكَرَامَةِ؛
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, “Kaidah-kaidah syariat telah menetapkan bahwasanya segala aktivitas yang di sana ada kaitan dengan kanan dan kiri, maka dahulukan yang kanan pada setiap perkara mulia,
كَالْوُضُوءِ وَالْغُسْلِ وَالِابْتِدَاءِ بِالشِّقِّ الْأَيْمَنِ فِي السِّوَاكِ وَنَتْفِ الْإِبِطِ؛ وَكَاللِّبَاسِ وَالِانْتِعَالِ وَالتَّرَجُّلِ وَدُخُولِ الْمَسْجِدِ وَالْمَنْزِلِ وَالْخُرُوجِ مِنْ الْخَلَاءِ وَنَحْوِ ذَلِكَ.
seperti wudhu’, mandi, dan mendahulukan bagian kanan ketika bersiwak, mencabut bulu ketiak, memakai baju, memakai sandal, menyisir, masuk ke dalam masjid, masuk ke rumah, dan keluar dari WC dan lain-lain.
وَتُقَدَّمُ الْيُسْرَى فِي ضِدِّ ذَلِكَ كَدُخُولِ الْخَلَاءِ وَخَلْعِ النَّعْلِ وَالْخُرُوجِ مِنْ الْمَسْجِدِ ([ . الفتاوى (21/108-109)]).
Dan mendahulukan yang kiri dalam hal yang berlawanan dengan itu. Seperti masuk ke WC, melepas sandal dan keluar dari masjid.”
وَعِنْدَ دُخُوْلِ الْخَلَاءِ يُسْتَحَبُّ لِلدَّاخِلِ أَنْ يَقُوْلَ : (بِسْمِ اللهِ) لِمَا رَوَاهُ عَلِيُّ بْنُ أَبِيْ طَالِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : سَتْرُ مَا بَيْنَ الْجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِيْ آدَمَ إِذَا دَخَلَ الْكَنِيْفَ أَنْ يَقُوْلَ : بِسْمِ اللهِ ([ .رواه ابن ماجه(297) وصححه الألباني برقم(245) وانظر إرواء الغليل (50) ، ورواه الترمذي(606)]) .
Dan ketika masuk ke WC, dianjurkan membaca “ bismillah (dengan menyebut nama Allah). Sesuai dengan yang diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib dia berkata, Rasulullah bersabda, “Penghalang antara aurat manusia dan jin adalah apabila seseorang hendak masuk ke dalam WC dia membaca bismillah
وَيُسَنُّ لَهُ أَنْ يَقُوْلَ : أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ ([ .قال ابن عثيمين : الخبْث : على رواية التسكين- الشر، والخبائث : النفوس الشريرة. والخبُث : على رواية الضم – جمع خبيث والمراد به ذكران الشياطين، والخبائث جمع خبيثة، والمراد إناث الشياطين. والتسكين أعم، ولهذا كان هو أكثر روايات الشيوخ كما قاله الخطابي -رحمه الله- . ( الشرح الممتع 1/82-83). ]). فَقَدْ رَوَى عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ صُهَيْبٍ أَنَّهُ قَالَ :
Dan disunnahkan membaca, “Aku berlindung kepada Allah dari kejahatan syetan lelaki dan syetan perempuan.” Abdul Aziz bin Shuhaib meriwayatkan, dia berkata,
سَمِعْتُ أَنَساً يَقُوْلُ : كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ: «اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ»
“Saya mendengar, dari Anas bahwa Nabi apabila masuk WC beliau membaca, Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari syetan lelaki dan syetan perempuan
وَقَالَ الْبُخَارِيُّ : وَقَالَ سَعِيْدُ بْنُ زَيْدٍ : (إِذَا أَرَادَ أَنْ يَدْخُلَ) ([ .رواه البخاري(142)، ومسلم(375)، وأحمد(11536)، والترمذي(5)، والنسائي(19)، وأبو داود(4)، وابن ماجه(296)، والدارمي(669). وقول البخاري : وقال سعيد بن زيد.. الخ . هذه الرواية وصلها المصنف نفسه في الأدب المفرد . انظر فتح الباري(1/294)]) . وَقَوْلُهَ : (إِذَا أَرَادَ الْخَلَاءَ) أَفَادَ أَنَّ الدَّاخِلَ يَقُوْلُ هَذَا الذِّكْرَ قَبْلَ دُخُوْلِهِ لَا بَعْدَهُ.
Imam Al-Bukhari mengatakan bahwa Sa’id bin Zaid berkata, “Apabila hendak masuk.”Dan ucapannya apabila hendak buang hajat, mengindikasikan bahwa orang yang akan masuk ke WC membaca ini sebelum dia masuk ke WC, bukan di dalam WC.
وَفَائِدَةُ هَذِهِ الْاِسْتِعَاذَةِ : الْاِلْتِجَاءُ إِلَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ، لِأَنَّ هَذَا الْمَكَانَ خَبِيْثٌ وَالْخَبِيْثُ مَأْوَى الْخُبَثَاءِ، فَهُوَ مَأْوَى الشَّيَاطِيْنِ
Dan faidah memohon perlindungan di sini adalah memohon penjagaan kepada Allah Azza wa Jalla dari syetan lelaki atau segala keburukan (al khubuts) dan dari syetan perempuan atau roh-roh jahat (al khobãits). Karena tempat ini sangat kotor, dan tempat kotor adalah tempat tinggal para syetan.
فَصَارَ مِنَ الْمُنَاسِبِ إِذَا أَرَادَ دُخُوْلَ الْخَلَاءِ أَنْ يَقُوْلُ : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ حَتَّى لَا يُصِيْبَهُ الْخُبُثُ وَهُوَ الشَّرُّ وَلَا الْخَبَائِثُ وَهُوَ النُّفُوْسُ الشَّرِيْرَةُ قَالَهُ ابْنُ عُثَيْمِيْنَ ([ . الشرح الممتع (1/83)])
Maka, sangat tepat bila orang yang hendak masuk WC Membaca, “Aku berlindung kepada Allah dari kejahatan syetan lelaki dan syetan perempuan.” Hingga ia tidak terkena keburukan dan roh-roh jahat. Sebagaimana yang dikatakan oleh Syaikh Ibnu Al-Utsaimin.”
وَعِنْدَ الْخُرُوْجِ مِنَ الْخَلَاءِ يُقَدَّمُ الرِّجْلُ الْيُمْنَى وَيَقُوْلُ : (غُفْرَانَكَ)، فَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ : كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ : (غُفْرَانَكَ)
Dan ketika keluar dari WC, seseorang disunnahkan mendahulukan kaki kanan dan membaca ghufronaka (aku memohon ampunan-Mu). Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, dia berkata,“Nabi apabila keluar dari buang hajatnya beliau membaca ghufronaka (aku memohon ampunan-Mu).”
وَعِنْدَ التِّرْمِذِيِّ : (إِذَا خَرَجَ مِنَ الْخَلَاءِ) ([ . رواه أبو داود(30) وصححه الألباني، وأحمد(24694)، والترمذي(7)، وابن ماجه(300)]) وَقَوْلُهَا : (عِنْدَ الْخُرُوْجِ) الْمُرَادُ بِذَلِكَ بَعْدَ الْخُرُوْجِ مِنَ الْخَلَاءِ.
Dan riwayat At-Tirmidzi menyebutkan, “Apabila keluar dari WC.” Dan perkataan Aisyah radhiyallahu ‘anha “ketika keluar”, maksudnya adalah setelah Rasulullah keluar dari WC.
فَائِدَةٌ : هَذَا الْأَدَبُ لَا يَقْتَصِرُ عَلَى الْأَمَاكِنِ الْمُعَدَّةِ لِقَضَاءِ الْحَاجَةِ بَلْ يُسْتَحَبُ فِعْلُهُ حَتَّى فِيْ الصَّحْرَاءِ
Faidah : Adab ini bukan hanya dilakukan pada tempat yang memang disediakan untuk buang hajat, tetapi dianjurkan melaksanakannya hingga di tanah lapang sekalipun.
فَإِذَا اقْتَرَبَ الْمُتَخَلِّيُ مِنَ الْمَكَانِ الَّذِيْ اخْتَارَهُ لِقَضَاءِ حَاجَتِهِ فَلْيَقُلْ ذِكْرَ الدُّخُوْلِ وَإِذَا فَرَغَ مِنْهُ قَالَ ذِكْرَ الْخُرُوْجِ.
Jika seseorang yang hendak buang hajat sudah dekat ke tempat di mana dia hendak membuang hajatnya lalu hendak duduk, maka bacalah dzikir masuk WC ini. Dan bila telah selesai hendaknya dia membaca dzikir keluar dari WC.
قَالَ النَّوَوِيُّ : وَهَذَا الْأَدَبُ مُجْمَعٌ عَلَى اسْتِحْبَابِهِ وَلَا فَرْقَ فِيهِ بَيْنَ الْبُنْيَانِ وَالصَّحْرَاءِ وَاللَّهُ أَعْلَمُ ([ . شرح مسلم . المجلد الثاني(4/60)]) .
Imam An-Nawawi berkata, “Adab ini disepakati oleh para ulama akan anjurannya. Dan tidak ada perbedaan antara bangunan dan lapangan. Wallahu a’lam”.