Oleh : Ustadz Abu Ghozie As Sundawie
لَمْ أَقِفْ عَلَى سُنَّةٍ صَحِيْحَةٍ مَرْفُوْعَةٍ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَوِّلُ عَلَيْهَا فِيْ غُسْلِ الْيَدَيْنِ قَبْلَ الطَّعَامِ،
Penulis tidak menemukan sunnah shahih yang marfu’ yang sampai kepada Nabi sebagai pegangan mengenai hal ini.
وَقَالَ الْبَيْهَقِيُّ الْحَدِيثُ فِي غَسْلِ الْيَدَيْنِ بَعْدَ الطَّعَامِ حَسَنٌ وَلَمْ يَثْبُت فِي غَسْلِ الْيَدَيْنِ قَبْلَ الطَّعَامِ حَدِيثٌ ([ . الآداب لشرعية (3/214)])
Al-Baihaqi berkata, “Hadits tentang mencuci tangan setelah makan derajatnya adalah hasan. Dan tidak ada hadits tentang mencuci tangan sebelum makan.”
وَقَالَ جَمَاعَةٌ مِنْ الْعُلَمَاءِ : الْمُرَادُ بِالْوُضُوءِ فِي هَذِهِ الْأَحَادِيثِ غَسْلُ الْيَدَيْنِ لَا الْوُضُوءُ الشَّرْعِيُّ
Dan sekelompok para Ulama berkata, Yang dimaksud dengan wudhu dalam hadits-hadits mencuci kedua tangan bukanlah wudhu syar’i.
وَقَالَ الشَّيْخُ تَقِيُّ الدِّينِ : وَلَمْ نَعْلَمْ أَحَدًا اسْتَحَبَّ الْوُضُوءَ لِلْأَكْلِ إلَّا إذَا كَانَ الرَّجُلُ جُنُبًا.
Syaikh Taqiyuddin berkata, Kami tidak mengetahui seorangpun yang menganjurkan wudhu untuk makan kecuali apabila seseorang junub” (Al Adab 3/214)
وَلَكِنْ يُسْتَحَبُّ ذَلِكَ لِإِزَالَةِ مَا قَدْ يعلق بِهَا مِنَ اْلأَوْسَاخِ وَنَحْوِهِ الَّتِيْ تَضُرُّ بِالْبَدَنِ، وَلِلْإِمَامِ أَحْمَدَ فِيْ ذَلِكَ رِوَايَتَانِ، كَرَاهَةٌ وَاسْتِحْبَابٌ.
Akan tetapi, hal itu dianjurkan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada tangan yang membahayakan kesehatan. Imam Ahmad dalam masalah ini memiliki dua Riwayat : makruh dan istihbab (anjuran).
وَفَصَّلَ الْإِمَامُ مَالِكٌ وَقَيَّدَ الْغُسْلَ قَبْلَ الطَّعَامِ بِوُجُوْدِ الْقَذَرِ، وَصَنِيْعُ ابْنُ مُفْلِحْ فِيْ آدَابِهِ يَدُلُّ عَلَى أَنَّهُ يَذْهَبُ إِلَى اسْتِحْبَابِ غَسَلَهُمَا قَبْلَ الطَّعَامِ،
Dan Imam Malik merincinya dan mengaitkan mencuci tangan sebelum makan dengan adanya kotoran (di tangan). Dan apa yang ditulis oleh Ibnu Muflih dalam bukunya Al-Adab menunjukkan bahwasanya dia berpendapat dianjurkan mencuci tangan sebelum makan.
وَعَلَيْهِ جَمَاعَةً مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ ([ . انظر الآداب (3/212)]) . وَفِيْ الْأَمْرِ سَعَةٌ وَاْلحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
Dan inilah pendapat jama’ah dari para ahli ilmu. Pada masalah ini ada keluasan, walhamdulillah.
وَأَمَّا غُسْلُ الْيَدَيْنِ بَعْدَ الطَعَامِ، فَقَدْ رُوِيَتْ فِيْ ذَلِكَ آثَارٌ صَحِيْحَةٌ، فَمِنْهَا : مَا رَوَاهُ أَبُوْ هُرَيْرَةَ، قَالَ :
Adapun mencuci tangan setelah makan, hal itu beberapa atsar yang shahih yang menyatakan hal itu. Di antaranya adalah hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya dia berkata,
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : «مَنْ نَامَ وَفِي يَدِهِ غَمَرٌ ([ . في السان : الغَمَرُ بالتحريك: السَّهك وريح اللحم وما يعلق باليد من دسمه. (5/32) مادة (غمر)]) وَلَمْ يَغْسِلْهُ فَأَصَابَهُ شَيْءٌ، فَلَا يَلُومَنَّ إِلَّا نَفْسَهُ». ([ . رواه أحمد(7515)، وأبو داود(3852) وصححه الألباني، ورواه الترمذي(1860)، وابن ماجه(3297)، والدارمي(2063)]) .
Rasulullah bersabda, “Siapa yang tidur dan di tangannya ada sisa-sisa daging, dan dia tidak mencuci tangannya, lalu dia tertimpa sesuatu, maka salahkanlah dirinya.”
وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، «أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَكَلَ كَتِفَ شَاةٍ، فَمَضْمَضَ ، وَغَسَلَ يَدَهُ وَصَلَّى» ([ . رواه أحمد (27486)، وابن ماجه(493) وصححه الألباني(498).]) .
Dari Abu Hurairah “Bahwasanya Nabi makan pundak kambing, lalu beliau berkumur dan mencuci kedua tangannya kemudian beliau shalat.”
وَعَنْ أَبَانَ بْنِ عُثْمَانَ، أَنَّ عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ أَكَلَ خُبْزاً وَلَحْماً، ثُمَّ مَضْمَضَ، وَغَسَلَ يَدَيْهِ، وَمَسَحَ بِهِمَا وَجْهَهُ، ثُمَّ صَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ ([ . رواه مالك (53)]) .
Dari Aban bin Utsman, bahwasanya Utsman bin Affan , memakan roti dan daging, kemudian ia berkumur dan mencuci tangannya, kemudian ia mengusap wajahnya lalu ia shalat dan tidak wudhu lagi.
فَائِدَةٌ : اسْتَحَبَّ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ الْوُضُوْءَ الشَّرْعِيَّ قَبْلَ الطَّعَامِ لِمَنْ كَانَ جُنُباً. وَفِيْ ذَلِكَ حَدِيْثٌ وَأَثَرٌ.
Faidah : Sebagian ulama menganjurkan berwudhu yang disyariatkan (berwudhu seperti wudhu mau shalat) sebelum makan, bila dia sedang junub. Dalam hal ini ada sebuah hadits dan atsar yang menyatakan hal itu.
أَمَّا الْحَدِيْثُ، فَعَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ : «كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَ جُنُبًا، فَأَرَادَ أَنْ يَأْكُلَ أَوْ يَنَامَ، تَوَضَّأَ وُضُوءَهُ لِلصَّلَاةِ»
Adapun hadits yang diriwayatkan Aisyah radhiyallahu ‘anha, dia berkata : “Rasulullah apabila sedang junub, dan Ia ingin makan atau tidur, ia berwudhu seperti wudhu untuk shalat.”
وَعِنْدَ أَحْمَدَ مَعْنًى زَائِداً عَلَى مُجَرَّدِ الْوُضُوْءِ الشَّرْعِيِّ، قَالَتْ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ وَهُوَ جُنُبٌ،
Dan dalam Riwayat Ahmad ada makna lebih dari sekedar wudhu syar’i dimana Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, adalah Rasulullah apabila beliau hendak tidur dalam keadaan junub
تَوَضَّأَ وُضُوءَهُ لِلصَّلَاةِ، فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْكُلَ أَوْ يَشْرَبَ، غَسَلَ كَفَّيْهِ، ثُمَّ يَأْكُلُ، أَوْ يَشْرَبُ، إِنْ شَاءَ ([ . راه البخاري(286)، مسلم(305) واللفظ له، أحمد(24193)، النسائي(255)، أبو داود(224)، ابن ماجه(584)، الدارمي(757) ]) .
maka beliau berwudhu seperti wudhunya mau shalat, dan apabila beliau hendak makan atau minum beliau mencuci kedua telapak tangannya lalu beliau makan atau minum sesuka beliau”
وَأَمَّا الْاَثَرُ فَعَنْ نَافِعٍ أَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ عُمَرَ كَانَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ، أَوْ يَطْعَمَ، وَهُوَ جُنُبٌ، غَسَلَ وَجْهَهُ وَيَدَيْهِ إِلَى الْمِرْفَقَيْنِ وَمَسَحَ بِرَأْسِهِ، ثُمَّ طَعِمَ، أَوْ نَامَ .([ . رواه مالك(111)]) .
Adapun atsar yang diriwayatkan Nafi’, dia bercerita bahwa Ibnu Umar jika hendak tidur atau makan dan dia dalam keadaan junub, dia membasuh wajah dan tangannya hingga siku, dan mengusap kepalanya, baru kemudian dia makan atau tidur.
وَقَالَ الشَّيْخُ: تَقِيُّ الدِّينِ [ابْنُ تَيْمِيَّةَ] وَلَمْ نَعْلَمْ أَحَدًا اسْتَحَبَّ الْوُضُوءَ لِلْأَكْلِ إلَّا إذَا كَانَ الرَّجُلُ جُنُبًا انْتَهَى كَلَامُهُ. ([ . الآداب الشرعية (3/214)]) .
Dan Syaikh Taqiyyuddin berkata, “Tidak aku ketahui seorang pun (ulama) menganjurkan berwudhu kecuali apabila seseorang junub, selesai perkataan beliau.
تَنْبِيْهٌ : اسْتَدَلَّ الْمُحَدِّثُ الْأَلْبَانِيُّ، بِحَدِيْثِ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: «أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ وَهُوَ جُنُبٌ تَوَضَّأَ،
Perhatian : Seorang ulama hadits, Syaikh Al-Albani, berargumen dengan hadits Aisyah Radhiyallahu ‘anha, “Rasulullah apabila hendak tidur dan beliau sedang junub, beliau berwudhu terlebih dahulu.
وَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْكُلَ غَسَلَ يَدَيْهِ» ([ . رواه النسائي(256) وأحمد(24353) وغيرهما .]) . عَلَى مَشْرُوْعِيَّةِ غُسْلِ الْيَدَيْنِ قَبْلَ الطَّعَامِ عَلَى الْإِطْلَاقِ لِهَذَا الْحَدِيْثِ. ([ . انظر السلسلة الصحيحة (1/674) رقم (390)]) .
Dan bila beliau hendak makan, beliau hanya mencuci kedua tangannya.” Terhadap disyariatkannya mencuci kedua tangan sebelum makan secara mutlak dengan hadits ini
وَلَكِنْ فِيْ إِطْلَاقِهِ نَظَرٌ لِأُمُوْرٍ : أَوَّلُهَا : أَنَّ الْحَدِيْثَ كَانَ لِبَيَانِ فِعْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَالَ الْجَنَابَةِ مِنْ نَوْمٍ وَأَكْلٍ وَشُرْبٍ .
Akan tetapi kemutlakan disini patut dikaji ulang, karena beberapa hal :
[1] Hadits ini dalam rangka menjelaskan aktivitas nabi Ketika beliau junub, tidur, makan dan minum.
وثانيها : أن بعض الروايات جاءت بلفظ الوضوء وبعضها جاءت بلفظ غسل اليدين لبيان جواز الفعلين .
[2] Sebagian riwayat disebutkan dengan wudhu, dan sebagiannya dengan mencuci tangan, untuk menjelaskan bolehnya melakukan dua amalan ini
قَالَ السِّنْدِيُّ فِيْ حَاشِيَتِهِ : قَوْلُهُ (غَسَلَ يَدَيْهِ) أَيْ أَحْيَانًا يَقْتَصِرُ عَلَى ذَلِكَ لبَيَانِ الْجَوَازِ وَأَحْيَانًا يتَوَضَّأَ لِتَكْمِيْلِ الْحَالِ. ([ . شرح سنن النسائي. للسيوطي ، وحاشية السندي . دار الكتاب العربي. (1/138-139)]).
As-Sindi mengatakan dalam Hasyiah-nya bahwa ucapan Aisyah radhiyallahu ‘anha, “Rasulullah mencuci kedua tangannya”, yakni kadang beliau hanya mencuci tangan untuk menjelaskan bolehnya hal itu. Dan kadang beliau berwudhu, untuk menyempurnakan kondisi.”
وَثَالِثُهَا : أَنَّ الْأَئِمَّةَ وَالْمُحَدِّثِيْنَ كَمَالِكٍ وَأَحْمَدَ وَابْنِ تَيْمَيَةَ وَالنَّسَائِيْ رَحِمَهُمُ اللهُ ([ . حيث ترجم على هذا الحديث بثلاث تراجم: الأولى:وضوء الجنب إذا أراد أن يأكل، والثانية: اقتصار الجنب على غسل يديه إذا أراد أن يأكل. والثالثة: اقتصار الجنب على غسل يديه إذا أراد أن يأكل أو يشرب . انظر كتاب الطهارة في سنن النسائي .]) وَغَيْرُهُمْ وَقَدْ نَقَلْنَا كَلَامَهُمْ لَمْ يَذْهَبُوْا إِلَى إِطْلَاقِ الْحَدِيْثِ كَمَا أَطْلَقَهُ الْعَلَامَةَ الْأَلْبَانِيْ حَفِظُهُ اللهُ مَعَ رِوَايَتِهِمْ لِهَذَا الْحَدِيْثِ
[3] Bahwasanya para imam dan muhadditsin begitu juga Imam Ahmad dan Ibnu Taimiyah serta An-Nasa’i rahimahumullah dan selainnya -dan kami telah kutip perkataan mereka-, tidak berpendapat mutlaknya hadits ini sebagaimana yang dikatakan oleh Al-Albani Rahimahullah, padahal mereka juga meriwayatkan hadits ini.
مِمَّا يَدُلُّ عَلَى أَنَّ هَذَا الْأَمْرُ عِنْدَهُمْ يُحْمَلُ حَالُ الْجَنَابَةِ، فَيَبْقَى الْوُضُوْءَ وَغُسْلُ الْيَدَيْنِ قَبْلَ الْأَكْلِ فِيْ هَذَا الْحَدِيْثِ مُقَيَّدًا فِيْ حَالِ الْجَنَاَبةِ . وَاللهُ أَعْلَمْ .
Di antara yang menunjukkan bahwa masalah ini menurut mereka diartikan bagi orang yang junub. Maka, berwudhu dan mencuci tangan sebelum makan dalam hadits itu terikat dengan kondisi junub. Wallahu a’lam