Oleh : Ustadz Abu Ghozie As Sundawie
وَهَذَا النَّهْيُ يَتَنَزَلُ عَلَى الْجَمَاعَةِ لَا الْوَاحِدِ. وَفِيْهِ أَحَادِيْثُ صَحِيْحَةٌ، مِنْهَا : عَنْ شُعْبَةَ عَنْ جَبَلَةَ قَالَ : كُنَّا بِالْمَدِينَةِ فِي بَعْضِ أَهْلِ العِرَاقِ فَأَصَابَنَا سَنَةٌ،
Larangan ini diperuntukkan buat orang-orang yang makan secara berjamaah, bukan untuk satu orang. Padanya ada beberapa hadits shahih. Di antaranya adalah : Dari Sya’ban bin Jabalah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, “Kami di kota di sebagian penduduk Irak, kami tertimpa paceklik,
فَكَانَ ابْنُ الزُّبَيْرِ يَرْزُقُنَا التَّمْرَ فَكَانَ ابْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَمُرُّ بِنَا فَيَقُولُ: «إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنِ الإِقْرَانِ، إِلَّا أَنْ يَسْتَأْذِنَ الرَّجُلُ مِنْكُمْ أَخَاهُ» ([ .رواه البخاري (2455)، ومسلم (2045)، وأحمد (5017)، والترمذي (1814)، وأبو داود (3834)، وابن ماجه (3331). وقوله : (إلا أن يستأذن الرجل منكم أخاه) قال شعبة : لا أرى هذه الكلمة إلا من كلمة ابن عمر. يعني الاستئذان . انظر رواية مسلم وأحمد لهذا الحديث . ]) .
Dan Ibnu Az-Zubair memberikan kami kurma, dan Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma melewati kami dan dia berkata, sesungguhnya Rasulullah melarang mengambil beberapa kurma sekaligus dari hidangan kecuali jika salah seorang dari kalian meminta izin saudaranya’.”
قَالَ ابْنُ الْجَوْزِيُّ فِيْ الْمُشْكِلِ : فَأَمَّا حُكْمُ الْحَدِيْثِ فِإِنَّ هَذَا إِنَّمَا يَكُوْنُ فِيْ الْجَمَاعَةِ، وَالْعَادَةُ تَنَاوَلُ تَمْرَةً وَاحِدَةً، فَإِذَا قَرَنَ الْإِنْسَانُ زَادَ عَلَى الْجَمَاعَةِ وَاسْتَأْثِرُ عَلَيْهِمْ، فَافْتَقِرُ إِلَى الْإِذْن.اهـ ([ .كشف المشكل من حديث الصحيحين (2/565) رقم (1165)]) .
Ibnul Jauzi dalam Al-Musykil berkata, “Adapun hukum (larangan dalam) hadits adalah jika makan secara bersama-sama atau berjamaah. Dan kebiasaannya memakan kurma satu persatu. Jika seseorang mengambil lebih dari satu butir kurma, dia melebihi orang lain dan mengutamakan diri sendiri, ketika itulah dia harus meminta izin mereka.”
وَالنَّهْيُ هُنَا إِمَّا لِلتَّحْرِيْمِ أَوِ الْكَرَاهَةِ وَكُلٌ قَدْ قَالَ بِهِ أَهْلُ الْعِلْمِ. وَذَهَبَ النَّوَوِيُّ إِلَى التَّفْصِيْلِ
Larangan ini bisa berupa haram atau makruh, dan tentang ini para ulama telah membahasnya. Imam An-Nawawi berpendapat bahwa hal ini ada perinciannya.
فَقَالَ : وَالصَّوَابُ التَّفْصِيلُ فَإِنْ كَانَ الطَّعَامُ مُشْتَرَكًا بَيْنَهُمْ فَالْقِرَانُ حَرَاٌم إِلَّا بِرِضَاهُمْ
Dia berkata, “Dan yang benar adalah ada perincian dalam masalah Ini, jika makanan itu milik bersama, maka mengambil lebih dari satu itu diharamkan kecuali dengan kerelaan mereka.
وَيَحْصُلُ الرِّضَا بِتَصْرِيحِهِمْ بِهِ أَوْ بِمَا يَقُومُ مَقَامَ التَّصْرِيحِ مِنْ قَرِينَةِ حَالٍ أَوْ إِدْلَالٍ عَلَيْهِمْ كُلِّهِمْ بِحَيْثُ يَعْلَمُ يَقِينًا أَوْ ظَنًّا قَوِيًّا أَنَّهُمْ يَرْضَوْنَ بِهِ
Dan jika kerelaan itu dapat diketahui dengan jelas, tentu mereka akan merelakannya atau dengan hal yang menunjukkan hal itu, berupa keadaan atau indikasi yang menunjukkan hal itu, yang sekiranya diketahui secara pasti atau kemungkinan besar bahwa mereka merelakan hal itu.
وَمَتَى شَكَّ فِي رِضَاهُمْ فَهُوَ حَرَامٌ وَإِنْ كَانَ الطَّعَامُ لِغَيْرِهِمْ أَوْ لِأَحَدِهِمْ اشْتَرَطَ رِضَاهُ وَحْدَهُ
Apabila ragu mereka merelakan hal itu, maka itu diharamkan. Jika makanan itu milik selain mereka atau milik salah seorang dari mereka, maka hanya meminta izin orang tersebut,
فَإِنْ قَرَنَ بِغَيْرِ رِضَاهُ فَحَرَامٌ وَيُسْتَحَبُّ أَنْ يَسْتَأْذِنَ الْآكِلِيْنَ مَعَهُ وَلَا يَجِبُ وَإِنْ كَانَ الطَّعَامُ لِنَفْسِهِ وَقَدْ ضَيَّفَهُمْ بِهِ فلايحرم عَلَيْهِ الْقِرَانُ
jika dia mengambil tanpa seizinnya, maka itu diharamkan. Dan dianjurkan meminta izin kepada orang-orang yang makan bersamanya, dan bukan merupakan kewajiban. Jika makanan itu miliknya, dan dia menjamu orang-orang untuk makan bersamanya, maka tidak mengapa bila dia mengambil lebih dari satu.
ثُمَّ إِنْ كَانَ فِي الطَّعَامِ قِلَّةٌ فَحَسَنٌ أَلَّا يَقْرِنَ لِتَسَاوِيهِمْ وَإِنْ كَانَ كَثِيرًا بِحَيْثُ يَفْضُلُ عَنْهُمْ فَلَا بَأْسَ بِقِرَانِهِ
Lalu jika makanan itu sedikit, maka sebaiknya dia jangan mengambil lebih dari satu agar sama dengan mereka. Jika makanannya banyak yang sekira tidak habis dimakan bersama, maka tidak mengapa mengambilnya lebih,
لَكِنِ الْأَدَبُ مُطْلَقًا التَّأَدُّبُ فِي الْأَكْلِ وَتَرْكِ الشره الاأن يَكُونَ مُسْتَعْجِلًا وَيُرِيدُ الْإِسْرَاعَ لِشُغْلٍ آخَرَ ([ . شرح مسلم . المجلد السابع(13/190)]) .
Akan tetapi, adab yang baik secara mutlak adalah beradab ketika makan dan meninggalkan adab buruk, kecuali jika dia terburu-buru karena ada keperluan lain.”
مَسْأَلَةٌ : هَلْ يُقَاسُ عَلَى التَّمْرِ غَيْرُهُ مِنْ صُنُوْفِ الطَّعَامِ الَّتِيْ تَتَنَاوَلُ إِفْرَاداً ؟
Permasalahan : Apakah makanan selain kurma yang dimakan satu persatu dapat dikiaskan?
الجواب : نَعَمْ يُقَاسُ عَلَيْهِ مَا كَانَتِ الْعَادَةُ بِتَنَاوُلِهِ إِفْرَاداً. قَالَ ابْنُ تَيْمِيَّةَ : وَعَلَى قِيَاسِهِ قِرَانُ كُلِّ مَا الْعَادَةُ جَارِيَةٌ بِتَنَاوُلِهِ إفْرَادًا. ([ . الآداب الشرعية (3/158)
]).
Jawaban : Ya, dapat dikiaskan selama budaya memakannya adalah satu per satu. Ibnu Taimiyah berkata, “Dan dapat dikiaskan tidak boleh mengambil lebih dari satu setiap makanan yang biasanya di makan satu per satu.”