ADAB BUANG HAJAT – MAKRUH BERBICARA KETIKA BUANG HAJAT

Oleh : Ustadz Abu Ghozie As Sundawie

كَرِهَ كَثِيْرٌ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ الْكَلَامَ عَلَى قَضَاءِ الْحَاجَةِ وَأَخَذُوْا ذَلِكَ مِنْ حَدِيْثِ ابْنِ عُمَرَ «أَنَّ رَجُلًا مَرَّ وَرَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَبُولُ، فَسَلَّمَ، فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ» ([ . رواه مسلم (370)، والنسائي (37)، وأبو داود (16)، وابن ماجه (353)]).

Banyak di antara para ulama yang memakruhkan berbicara ketika buang hajat. Mereka berdalil dengan hadits Ibnu Umar, “Ada seorang lelaki lewat dan Rasulullah sedang kencing. Lelaki itu memberi salam, dan tidak dijawab oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.”

وَاسْتَثْنُوْا مِنْ ذَلِكَ إِذَا كَانَ لِضَرُوْرَةٍ أَوْ حَاجَةٍ كَإِرْشَادِ ضَرِيْرٍ يَكَادُ يَقَعُ فِيْ بِئْرٍ أَوْ طَلَبِ مَاءٍ وَنَحْوِ ذَلِكَ ([ . انظر شرح صحيح مسلم للنووي. المجلد الثاني (4/55)، والشرح الممتع على زاد المستقنع لابن عثيمين (1/95)]) .

Dan para ulama membuat pengecualian yaitu di bolehkan berbicara bila terpaksa atau diperlukan, seperti memberitahukan orang buta yang akan terjatuh ke dalam sumur, atau dia meminta air untuk bebersih, dan lain-lain.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *