ADAB SAFAR – DISUNNAHKAN SHALAT DUA RAKAAT BAGI MUSAFIR SETELAH KEMBALI KE NEGERINYA

Oleh : Ustadz Abu Ghozie As Sundawie

مِنْ هَدْيِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ إِذَا قَدِمَ مِنْ سَفَرٍ فَإِنَّ أَوَّلَ شَيْءٍ كَانَ يُبَادِرُ إِلَيْهِ هُوَ الصَّلاَةُ فِيْ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ.

Diantara petunjuk Nabi apabila beliau kembali dari suatu perjalanan maka yang pertama kali segera beliau lakukan adalah shalat dimasjid dua rakaat.

قال كَعْبُ بْنُ مَالِكٍ  : «أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا قَدِمَ مِنْ سَفَرٍ، ضُحًى دَخَلَ المَسْجِدَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يَجْلِسَ» ([ .رواه البخاري (3088)، ومسلم (2769)، وأحمد (15345)]).

Ka’ab bin Malik mengatakan: Bahwa sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam apabila beliau tiba dari suatu perjalanan pada waktu dhuha, beliau mendatangi masjid lalu mengerjakan shalat dua rakaat sebelum beliau duduk.

وَهَذِهِ مِنَ السُّنَنِ الْمَهْجُوْرَةِ الَّتِيْ قَلَّ مَنْ يُطَبِقُهَا فَنَسْأَلُكَ اللَّهُمَّ اتِّبَاعاً لِسُنَّةِ نَبِيِّكَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ظَاهِراً وَبَاطِناً وَبِاللهِ التَّوْفِيْقُ.

Ini merupakan diantara sunnah Nabi yang telah terabaikan, yang sangat jarang sekali ada yang mempraktekkannya. Kami memohon kepada Allah untuk senantiasa mengikuti sunnah Nabi baik secara zhahir maupun batin. Wabillahi taufiq.

فَائِدَةٌ : قَوْلُ كَعْبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ «أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا قَدِمَ مِنْ سَفَرٍ، ضُحًى.. » يُشْعِرُ بِأَنَّ الْقَادِمَ مِنْ سَفَرٍ فِيْ وَقْتِ النَّهْيِ لَا يُشْرَعُ لَهُ أَنْ يُصَلِيَّ هَاتَيْنِ الرَّكْعَتَيْنِ وَلَيْسَ الْأَمْرُ كَذَلِكَ

Faedah : Perkataan Ka’ab : “Bahwa sesungguhnya Nabi apabila beliau tiba dari suatu perjalanan pada waktu dhuha …“ Mengisyaratkan bahwa kedatangan seorang musafir pada waktu yang terlarang tidak disyariatkan baginya untuk mengerjakan dua rakaat, akan tetapi perkara ini tidaklah seperti itu.

قَالَ ابْنُ حَجَرٍ : قَالَ النَّوَوِيُّ هَذِهِ الصَّلَاةُ مَقْصُودَةٌ لِلْقُدُومِ مِنَ السَّفَرِ يَنْوِي بِهَا صَلَاةَ الْقُدُومِ لَا أَنَّهَا تَحِيَّةُ الْمَسْجِدِ الَّتِي أُمِرَ الدَّاخِلُ بِهَا قَبْلَ أَنْ يَجْلِسَ

Ibnu Hajar mengatakan : ” An-Nawawi berkata: Shalat tersebut adalah shalat yang diperuntukkan apabila telah tiba dari suatu perjalanan dengan meniatkan shalat al-qudum. Bukan shalat tahiyyah al-masjid yang diperintahkan bagi seseorang yang masuk kedalam masjid sebelum duduk.

لَكِنْ تَحْصُلُ التَّحِيَّةُ بِهَا وَتَمَسَّكَ بَعْضُ مَنْ مَنَعَ الصَّلَاةَ فِي الْأَوْقَاتِ الْمَنْهِيَّةِ وَلَوْ كَانَتْ ذَاتَ سَبَبٍ بِقَوْلِهِ ضُحًى وَلَا حجَّة فِيهِ لِأَنَّهَا وَاقعَةُ عَيْنٍ.

Akan tetapi shalat al-qudum ini juga sudah memenuhi shalat tahiyyat al-masjid. Dan sebagian ulama yang menolak pembolehan shalat pada waktu-waktu yang terlarang walau itu shalat dengan alasan tertentu, dengan sabda beliau : “waktu dhuha”. Namun sabda beliau tersebut tidak dapat dijadikan argumentasi, karena merupakan waqi’ah al-‘ain – kejadian yang berlaku khusus-.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *